Wednesday, March 2, 2016

Gulai Daun Singkong

Alkisah kemarin ke supermarket mau nyari sayur hijau karena stok di rumah uda habis. Eh tumbenan banget ada daun singkong. Murah meriah pula. Berhubung suami emang doyan gulai daun singkong (saya uda googling resepnya dari jaman kapan tau, tapi susah nyari daun singkongnya), jadi ya saya beli deh. Pas pulang baru liat-liat lagi resepnya di internet, wah ada beberapa bahan bumbu yang ga punya nih. Tapi yaudalah, uda niat masak ini, ya masak aja. Toh sebagian besar masih ada bahannya. Jadi nekatlah saya bikin juga. Jadi ini resepnya uda saya modif sedemikian rupa, biar sesuai sama isi dapur saya ya. hahaha :p



Bahan :
Daun singkong 1 ikat (gatau deh itu berapa gram)
80 ml Santan kental (saya pakai Kara)
5 lembar daun salam
500-700ml air
Garam
Merica
Gula

Bumbu halus:
5 siung bawang putih
4 siung bawang merah (karena udah ga punya lagi. Kalau masih punya lagi sih pengennya pakai 6 siung)
1 ruang jari jahe
1 ruas jari kunyit
3 cabe merah keriting (atau 2 cabe merah besar)
1/2 sdm ketumbar (kalau saya sih disangrai dl lalu ditumbuk, baru dicampur ke yg lain)
5 buah kemiri sangrai

Yang harusnya pakai tapi saya ga punya:
1 batang sereh ; ambil bagian putihnya saja
2 ruas jari lengkuas, geprek
ikan teri

Cara masak :
- Rebus daun singkong + 1 sdt garam sampai benar-benar empuk (saya pakai panci biasa, api besar, 45 menit sudah lumayan empuk. Cara ceknya: ambil sebagian daunnya, coba tekan-tekan pakai tangan. Kalau masih liat, lanjutin rebus lagi. Tapi kayaknya sih kalo lebih empuk lg lebih enak. Mungkin kalau pakai presto bisa lebih cepat dan cihuy)
- Sambil nunggu daun singkongnya empuk, sambil siapin bumbu halusnya. Masukan semua bahan bumbu halus ke blender, tambahkan sedikit air, blender sampai halus. Kalau masih kurang halus, tambahkan air lagi sedikit, baru blender lagi.
- Kalau daun singkongnya uda cukup empuk, buang airnya, kemudian bilas pakai air biasa, aduk-aduk pakai tangan supaya sisa kelebihan garamnya hilang. Kemudian buang airnya.
- Remas-remas daun singkongnya supaya airnya keluar semua. Nanti jadinya cuma sekepalan tangan doank daunnya. Lalu potong-potong sekitar 1cm.
- Di panci lain, tumis bumbu halus + daun salam (kalau ada sereh dan lengkuas juga sekalian ditumis) dengan kira-kira 2sdm minyak goreng sampai warnanya berubah, ga pucat lagi. Masukan daun singkong dan air (kira-kira 400-500ml aja, gausa terlalu banyak airnya). Masak sampai mendidih.
- Masukan garam, gula, merica. Aduk.
- Masukan santan. Masak sampai mendidih. Aduk sesekali saja.
- Koreksi rasa. Matikan api.

Jadi deeeeeeh! Yay! Kata mama saya sih lebih enak lagi kalau pakai ikan teri. Tapi ya apa daya ga punya. hehe

0 comments:

Post a Comment

 

Indonesian Food Blogger based in Jakarta Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger