Wednesday, March 2, 2016

Bolu Kukus Ketan Hitam (Steamed Black Sticky Rice Cake)

Ceritanya nih saya seumur-umur belum pernah bikin kue pakai tepung ketan. Jadi penasaran pengen coba bikin. Akhirnya kemarin pas ke supermarket, sekalianlah beli tepung ketan hitam. Saya uda research dulu sebelumnya. Ternyata bikin bolu kukus ketan hitam ini gampang keliatannya. Resepnya saya comot dari google aja. Nemu di cookpad, saya pilih salah satu, yang keliatannya meyakinkan, trs sok2an kutak katik dikit. (#sokjago)



Ini resepnya :
250 gr tepung ketan hitam
180 gr gula pasir 
5 butir telur ayam ukuran sedang (suhu ruangan)
1 sdt ovalet/sp
1/2 sdt garam halus (jangan pakai yg kasar, nanti ga larut)
200 ml minyak sayur
1 sdm susu kental manis

Cara bikin:
- Olesi loyang dengan minyak (loyangnya terserah ukuran berapa, yg penting muat aja di dandang :p ; Saya pake ukuran 16cm bulat, jadinya lumayan tinggi kuenya)
- Panaskan dandangnya. Pastikan airnya cukup banyak ya, ga lucu kalau di tengah kukus kehabisan air. hihihi
- Kocok telur + gula + ovalet/sp + garam sampai mengembang dan warnanya jadi pucat (kurang lebih 7-8 menit dengan speed tinggi)
- Masukan tepung ketan hitamnya sedikit demi sedikit
- Masukan minyak dan susu kental manis
- Kukus kurang lebih 45 menit. Jangan lupa tes tusuk pakai sapu lidi atau tusuk gigi dulu ya.

Dari siapin bahan sampai selesai kukus, kurang lebih 1 jam doank. Cepet kaaaan. hehe.
Cus atuh dicobain. Kalau uda cobain trs post ke instagram, boleh atuh pakai hashtag #yummyfordummy biar saya bisa tau ada juga orang yg cobain resep saya. Hahahaha :p


0 comments:

Post a Comment

 

Indonesian Food Blogger based in Jakarta Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger